Selasa, 22 November 2011

Soal Lingkaran SMA dan Pembahasannya :)

setelah soal penjas aku postiing, karang aku mao bagi-bagi soal matematika khususnya soal lingkaran SMA. hehehe..
ini tu tugas dari guruku, semoga berguna yaah :) :D



1.        Salah satu persamaan garis singgung lingkaran ( x – 2 )² + ( y + 1)² =13 di titik yang berabsis –1 adalah ….
a.  3x – 2y – 3 = 0
b.  3x – 2y – 5 = 0
c.  3x + 2y – 9 = 0
d. 3x + 2y + 9 = 0
e.  3x + 2y + 5 = 0
Jawaban : D
Pembahasan :
Substitusi nilai x = –1 pada persamaan (x – 2 )² + ( y + 1 )² =13,
sehingga didapat (–1 – 2 )² + ( y + 1 )² =13 :
(–1 – 2 )² + ( y + 1 )² =13 :
9 + ( y + 1 )² =13
( y + 1 )² =13 – 9
( y + 1 )² = 4
y + 1 = ± 2
y = –1 ± 2, sehingga didapat :
y1 = –1 – 2            y2 = –1 + 2
y1 = –3                  y2 = 1
didapat koordinat titik singgungnya adalah : ( –1,–3 ) dan ( –1,1 )
Langkah 2 :
Dari persamaan ( x – 2 )² + ( y + 1 )² = 13 jika berbagi adil maka persamaannya menjadi
( x1 – 2 ) ( x – 2 ) + ( y1 + 1 ) ( y + 1 ) = 13, kemudian substitusikan kedua koordinat titik singgungnya.
( –1,–3 )
(–1 – 2 ) ( x – 2 ) + (–3 + 1 ) ( y + 1 ) = 13
–3 ( x – 2 ) + –2 ( y + 1 ) = 13
–3x + 6 – 2y – 2 = 13
3x – 2y + 4 – 13 = 0
–3x – 2y – 9 = 0

( –1,1 )
(–1 – 2 ) ( x – 2 ) + ( 1 + 1 ) ( y + 1 ) = 13
–3 ( x – 2 ) + 2 ( y + 1 ) = 13
–3x + 6 + 2y + 2 = 13
–3x + 2y – 13 + 8 = 0
–3x + 2y – 5 = 0
2.        Persamaan garis singgung lingkaran x² + y² – 2x – 6y – 7 = 0 di titik yang berabsis 5 adalah ….
a.  4x – y – 18 = 0
b.  4x – y + 4 = 0
c.  4x – y + 10 = 0
d. 4x + y – 4 = 0
e.  4x + y – 15 = 0
Jawaban : A
Pembahasan :
Subtitusikan nilai x=5 pada persamaan lingkaran untuk mendapatkan titik singgungnya.
x² + y² – 2x – 6y – 7 = 0
5² + y² – 2(5) – 6y – 7 = 0
y² – 6y – 7 + 25 – 10 = 0
y² – 6y + 8 = 0
( y – 2 ) ( y – 4 ) = 0
y =2 atau y = 4, sehingga koordninat titik singgungnya adalah ( 5,2 ) dan (5,4).
Langkah 2 : Persamaan berbagi adil
x² + y² – 2x – 6y – 7 = 0
x.x1 + y.y1 – ( x + x1 ) – 3( y + y1 ) – 7 = 0
Langkah 3 :
Substitusikan kedua titik singgung pada persamaan x.x1 + y.y1 – (x + x1) – 3( y + y1 ) – 7 = 0
( 5,2 )
x.x1 + y.y1 – (x + x1) – 3( y + y1 ) – 7 = 0
5x+ 2y – ( x + 5 ) – 3( y + 2 ) – 7 = 0           
5x + 2y – x – 5 – 3y – 6 – 7 = 0
4x – y – 18 = 0

( 5,4 )
x.x1 + y.y1 – (x + x1) – 3( y + y1 ) – 7 = 0
5x + 4y – ( x + 5 ) – 3( y + 4 ) – 7 = 0
5x + 4y – x – 5 – 3y – 12 – 7 = 0
4x + y – 24 = 0
3.        Persamaan lingkaran yang pusatnya terletak pada garis 2x – 4y – 4 = 0, serta menyinggung smbu x negative dan sumbu y negative adalah ….
a.  x² + y² + 4x + 4y + 4 = 0
b.  x² + y² + 4x + 4y + 8 = 0
c.  x² + y² + 2x + 2y + 4 = 0
d. x² + y² – 4x – 4y + 4 = 0
x² + y² – 2x – 2y + 4 = 0
Jawaban : A
Pembahasan :
Karena pusat lingkaran menyinggung kedua sumbu maka nilai x dan y pastinya sama sehingga didapat persamaan x = y.
Substitusikan x = y pada persamaan garis 2x – 4y – 4 = 0, didapat :
2x – 4(x) – 4 = 0
–2x = 4
x = –2, karena x = y maka koordinat pusat lingkarannya adalah ( –2,–2 ). Karena lingkaran menyinggung sumbu x dan sumbu y maka jari – jri lingkaran adalah 2.
Subtitusikan nilai yang didapat pada persamaan umum lingkaran :
( x – x1 )² + ( y – y1 )² = r²
( x + 2 )² + ( y + 2 )² = 2²
x² + y² + 4x + 4y + 4 = 0
4.        Persamaan garis lingkaran yang berpusat di ( 1,4 ) dan menyinggung garis 3x – 4y – 2 = 0 adalah ….
a.  x² + y² + 3x – 4y – 2 = 0
b.  x² + y² – 4x – 6y – 3 = 0
c.  x² + y² + 2x + 8y – 8 = 0
d. x² + y² – 2x – 8y + 8 = 0
e.  x² + y² + 2x + 2y – 16 = 0
 Jawaban : D
Pembahasan :
Masukkan nilai ( 1,4 ) yaitu pusat lingkarannya dan jari – jarinya 3.
( x – x1 )² + ( y – y1 )² = r²
( x – 1 )² + ( y – 4 )² = 3²
x² + y² – 2x – 8y + 8 = 0
5       Jarak antara titik pusat lingkaran x²+y²–4x + 4 = 0 dari sumbu y adalah
a.  3
b. 2 ½
c.  2
d. 1 ½
e.  1
Jawaban : C
x² + y² – 4x + 4 = 0
x²– 4x +  y² + 4 = 0
( x – 2 )² – 4 + y² + 4 = 0 ( dijadikan kuadrat sempurna )
( x – 2 )² + y² = 0 (didapat koordinat pusat lingkaran adalah ( 2,0 ) sehingga jarak ke sumbu y adalah 2.)
Cara lain bisa dengan langsung mencari pusat lingkaran dengan rumusan ( ½ A,½ B ), dengan nilai A = –4 dan nilai B = 0 ( nilai A dan B didapat dari persamaan umum lingkaran x² + y² + Ax + By + C = 0
6        Diketahui lingkaran 2x² + 2y² – 4x + 3py – 30 = 0 melalui titik ( – 2,1 ). Persamaan lingkaran yang sepusat tetapi panjang jari – jarinya dua kali panjang jari – jari lingkaran tadi adalah ….
a.    x² + y² – 4x + 12y + 90 = 0
b.    x² + y² – 4x + 12y – 90 = 0
c.    x² + y² – 2x + 6y – 90 = 0
d.   x² + y² – 2x – 6y – 90 = 0
e.    x² + y² – 2x – 6y + 90 = 0
Jawaban : C
Pembahasan :
Substitusikan titik (–2,1) kedalam persamaan 2x² + 2y² – 4x + 3py – 30 = 0 untuk mendapatkan nilai p.
2(–2)²+ 2(1)² – 4(–2) + 3p(1) – 30 = 0
8 + 2 + 8 + 3p – 30 = 0
3p – 12 = 0
3p = 12
p = 4
Setelah didapat nilai p = 4 maka didapat persamaan umum lingkarannya menjadi 2x² + 2y² – 4x + 12y – 30 = 0.
Jika persaman dibagi 2 akan didapat x² + y² – 2x + 6y – 15 = 0
x² – 2x + y²  + 6y – 15 = 0
( x – 1 )² – 1 + ( y + 3 )² – 9 – 15 = 0 ( dijadikan kuadrat sempurna )
( x – 1 )² + ( y + 3 )² – 25 = 0
( x – 1 )² + ( y + 3 )²  = 25 ( pusat lingkaran ( 1, –3 ) dengan jari – jari 5)
Karena yang diminta soal adalah persamaan lingkaran yang sepusat dengan jari – jari 2 kalinya maka akan didapat pusat lingkaran ( 1, –3 ) dengan jari – jari 10
( x – 1 )² + ( y + 3 )²  = 100
x² – 2x + 1 + y²  + 6y + 9 – 100 = 0
x² + y² – 2x + 6y – 90 = 0
7.    Jika titik (-5,k) terletak pada lingkaran x 2 + y 2 + 2x -5y -21 = 0, maka nilai k adalah..
a.     -1 atau -2
b.    2 atau 4
c.     -1 atau 6
d.    0 atau 3
e.     1 atau 6
Jawaban : C
Pembahasan :
masukkan nilai (-5, k) ke dalam persamaan lingkaran:
(-5) 2 + k 2 + 2.(-5) – 5.k – 21 = 0
25 + k 2 - 10 – 5.k -21 = 0
k 2 - 5 k – 6 = 0
(k + 1) (k – 6) = 0
k = -1 atau k = 6
8.    Salah satu persamaan garis singgung pada lingkaran (x – 2 ) 2 + (y + 1 ) 2 =13 di titik yang berabsis -1 adalah…
a.     3x – 2y – 3 = 0
b.    3x – 2y – 5 = 0
c.     3x + 2y – 9 = 0
d.    3x + 2y + 9 = 0
e.     3x + 2y + 5 = 0
Jawaban : D
Titik berabsis -1 berarti x = -1 masukkan ke dalam persamaan:
(-1 – 2) 2 + (y+1) 2 = 13
(-3) 2 + (y+1) 2 = 13
9 + (y+1) 2 = 13
(y+1) 2 = 13 – 9
(y+1) 2 =4
y + 1 = ± 2
y = -1 ± 2
y = 1 atau y =-3
jadi titiknya adalah (-1,1 ) dan (-1, -3)
Persamaan garis singgung melalui titik (a,b) adalah ( x- a) ( x1 -a) + (y-b)(y1 -b) = r 2
a = 2 ; b = -1 ; melalui titik (-1,1),  x1 = -1 dan y1 = 1:
(x – 2) (-1-2) + (y+1) (1 + 1) = 13
-3x + 6 + 2y + 2 - 13 = 0
- 3x + 2y – 5 = 0,  di jawaban tidak ada
melalui titik (-1,-3) , x1 = -1 dan y1 = -3
(x – 2) (-1-2) + (y+1) (-3 + 1) = 13
-3x + 6 -2y -2 - 13 = 0
- 3x -2y – 9 = 0 3x +2y + 9 = 0
9.     Persamaan umum lingkaran yang berousat di (-7,3) dengan jari-jari 5 adalah . . .
a.       x2 + y2 + 2x – 4y – 20 = 0
b.      x2 + y2 + 8x – 6y = 17 = 0
c.       x2 + y2 + 4x – 10y – 35 = 0
d.      x2 + y2 + 14x – 6y + 33= 0
e.       x2 + y2 + 18x – 8y + 20 = 0
Jawaban : D
Pembahasan :
a = -7        A = -2a = 14
b = 3         B = -2b = -6
c = a2 + b2 – r2 = (-7)2 + 32 -52
= 49 + 9 – 25
= 33
x2 + y2 + 14x - 6y + 33 = 0
10.    Nilai b jika titik (4,b) terletak pada lingkaran L = x2 + y2 = 20 adalah..
a.       -2                d. -1
b.      4                 e. 6
c.       5
Jawaban : A
Pembahasan :
(4,b) à x2 + y2 = 20
         42 + a2 = 20
         a2 = 4
           a = 2
11.     Jika titik (5,-k) terletak pada lingkaran x2 + y2 + 2x – 5y – 21 = 0, maka nilai k adalah…
a.       -2                d. 8
b.      4                 e. 6
c.       5
Jawaban : E
Pembahasan :
(-5,k) à x2 + y2 + 2x – 5y – 21 = 0
          (-5)2 + k2 + 2(-5) – 5k – 21 = 0
                 K2 -5k -6 = 0
(k-6) (k+1) = 0
K = 6 atau k = -1   
12.     Persamaan lingkaran yang berousat di O (0,0) dan melalui titik (6,2) adalah…
a.       x2 + y2 – 40 = 0
b.      x2 + y2 – 58 = 0
c.       x2 + y2 – 30 = 0
d.      x2 + y2 – 12 = 0
e.       x2 + y2 – 1 = 0
Jawaban : A
Pembahasan :
x2 + y2 = r2
62 + 22 = r2
40 = r2
jadi persamaannya adalah
x2 + y2 = 40
x2 + y2 – 40 = 0
13.     Jika titik (2,3) terletak pada lingkaran (x + 1)2 + (y – b)2 = 25. Maka nilai b adalah..
a.       -2              d. -1
b.      4               e. 6
c.       5
Jawaban : D
Pembahasan :
(2,3) à (x+1)2 + (y-b)2 = 25
                 (2+1)2 + (3-b)2 = 25
                             (3-b)2 = 16
                             3 – b = ± 4
Jadi b = -1 atau b= 7
14.     Jika titik (a,1) terletak pada lingkaran x2 + y2 + 4x – 6y – 27 = 0, maka nilai a adalah..
a.       -8 atau 4               d. -4 atau 8
b.      -6 atau 5               e. 4 atau 5
c.       1 atau 6
Jawaban : A
Pembahasan :
x2 + y2 + 4x – 6y – 27 = 0
a2 + 12 + 4a – 6 – 27 = 0
a2 + 4a – 32 = 0
(a-4) (a+8) = 0
a = 4 atau a = -8












Jumat, 18 November 2011

soal Penjas SMA (bagi-bagi soal penjas) ^^

How are you everybody?? (sok banget ber english ria, hehehe)
kali inii aku bakal mosting soal2 penjas, tapi kanggoin ya apa adanya, hehee

1.       Dalam permainan sepak bola, jika ingin mengoperkan bola jarak jauh, bagian kaki yang digunakan untuk menendang bola adalah…
A.      Tumit
B.      Punggung kaki
C.      Ujung kaki dalam
D.      Kaki bagian luar
E.       Kaki bagian dalam
Jawaban : B

2.       Gerak tanpa bola dalam permainan sepak bola bertujuan untuk…
A.      Menguasai gerakan badan ketika berlari, melompat, dan gerak tipu
B.      Melakukan gerakan tanpa bola
C.      Menunjukkan teknik yang indah
D.      Melakukan gerakan dengan bola
E.       Memperagakan teknik tingkat lanjut
Jawaban : A

3.       Dalam permainan sepak bola, untuk mengoperkan bola kepada teman dalam jarak dekat menggunakan kaki bagian…
A.      Tumit
B.      Telapak kaki
C.      Kaki bagian luar
D.      Kaki bagian dalam
E.       Kura-kura kaki (punggung kaki)
Jawaban : D

4.       Atas inisiatif Julies Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan sepak bola yang pertama kali bertempat di...
A.      Uruguay
B.      Inggris
C.      Argentina
D.      Italia
E.       Brazil


Jawaban : A

5.       Kejuaraan sepak bola Piala Dunia diselenggarakan setiap…
A.      1 tahun
B.      2 tahun
C.      3 tahun
D.      4 tahun
E.       5 tahun


Jawaban : D

6.       Pada tanggal 19 April 1930 di Jogjakarta terbentuk pengurus PSSI yang pertama dengan ketua…
A.      Suroso
B.      Ir. Soeratin Sosrosoegondo
C.      Kardono
D.      Robby Darwis
E.       Ir. Soekarno
Jawaban : A

7.       Pada permainan bola voli, servis dapat diartikan sebagai…
A.      Serangan pertama
B.      Pukulan pertama
C.      Penyajian pertama
D.      Tanda dimulainya permainan
E.       Syarat dimulainya permainan
Jawaban : C

8.       Dalam permainan bola voli, pukulan yang tidak diperbolehkan adalah…
A.      Menggunakan lengan
B.      Menggunakan kepala
C.      Menggunakan kaki
D.      Pukulan tidak sempurna (double)
E.       Semua anggota tubuh
Jawaban : D

9.       Teknik permainan bola voli yang bertujuan mengambil bola hasil servis lawan dinamakan…
A.      Blocking
B.      Spike
C.      Smes
D.      Passing
E.       Controling


Jawaban : D

10.   Pada awalnya permainan bola voli diberi nama…
A.      Volleyball
B.      Mintonette
C.      Minto
D.      Handball
E.       Nette


Jawaban : B
11.   Kejuaraan Bola Voli pertama kali diselenggarakan pada tahun 1947 yang bertempat di Negara…
A.      Amerika Serikat
B.      Polandia
C.      Inggris
D.      Swedia
E.       Kuba
Jawaban : B

12.   Pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli disebut…
A.      Spiker
B.      Libero
C.      Tosser
D.      Server
E.       cover
Jawaban : B

13.   Pemain yang berhak mempertanyakan keputusan wsit adalah…
A.      Kapten regu
B.      Libero
C.      Spiker
D.      Semua pemain
E.       Tosser
Jawaban : A

14.   Permainan bola basket diciptakan oleh…
A.      William G. Morgan
B.      Dr. Luther Lehman
C.      Dr. James A. Naismith
D.      Dr. Hasley
E.       Sir Alex Ferguson
Jawaban : D

15.   Permainan bola basket pertama kali dipertandingkan pada olympiade di Negara… pada tahun 1936.
A.      Cina
B.      Amerika Serikat
C.      Jerman
D.      Swiss
E.       Prancis


Jawaban : C

16.   Tujuan dari memainkan bola basket adalah…
A.      Memasukkan bola ke basket lawan dan menjafa pertahanan
B.      Mempertontonkan gerakan basket yang indah
C.      Menjaga musuh yang membawa bola
D.      Menciptakan point sebanyak-banyaknya
E.       Mengawal gerakan lawan
Jawaban : A

17.   Teknik menggiring bola dalam bola basket bertujuan untuk…
A.      Mengecoh gerakan lawan
B.      Menerobos pertahanan lawan
C.      Menyusup daerah pertahanan lawan
D.      Memperoleh posisi yang tepat guna mendekati basket lawan
E.       Melakukan serangan balik
Jawaban : D

18.   Salah satu pemain dari regu lawan melakukan pelanggaran ringan menarik baju lawan, pemain yang dilanggar akan mendapat…
A.      Throw in
B.      Lay-up shoot
C.      Free throw
D.      Technical fool
E.       three point shooting
Jawaban : A

19.   Pemain yang memasukkan bola dari bawah keranjang akan mendapatkan point…
A.      Satu angka
B.      Dua angka
C.      Tiga angka
D.      Tidak ada point
E.       Empat angka
Jawaban : D

20.   Lemparan yang biasanya dilakukan oleh pemain bila ia akan mengoper bola kepada temannya yang berada dalam jarak dekat adalah…
A.      Chest pass
B.      Overhand pass
C.      Underhand pass
D.      Side pass
E.       Overhead pass
Jawaban : A (semoga bermanfaat eak... ^^ GBU)

Rabu, 16 November 2011

The ShOrtEst PoetRy..!

yaah inilah posting pertama aku di blog tercintaku ini, heheehe (alay bgtz, maklum eak??)
sekarang aku bakal bahas mengenai The shortest Poetry.. ada yang penasaran gag sama yang aku tulis ini??? awalnya aku juga bertanya-tanya apa sieeh mksdna?? serelah ditelusuri ternyata itu artinya puisi terpendek..
hadeeh beginilak aku yang memang primitif gak terlalu fasih bahasa inggris, hehee
back to The Shortest Poetry.. sebenarnya ini aku ambil dari sebuaah komik, judul aslinya sih The Shortest Poetry For You.. sumpaah kereen banget..! kata-kata yang paling berkesan buat aku adalah Orang yang kita cintai, jika kita bisa bersikap alami di depannya dan perlahan mengalihkan pikiraan kita.. hahay :) (kurang lebiih keak gitu hehehe)
and mau tau gak apa itu puisi terpendek???
Puisi terpendek di dunia adalah... CINTA.. hehehe
kalo dipikir2 bener kan? cinta adalah suatu kata yang memang indah jika dirasaakan, namun jika cinta itu tak utuh maka sakit yang kita rasakan. :)
sekilas postingan awal aku, maaaf yaa kalo ada kekurangan, hehe :) :D